Refleksi Maulid, Merindukan Rasulullah SAW

0 104

 

Oleh : Arif Sofyandi
Penulis Adalah Penulis Buku Sabda Rindu

Benar bahwa aku tidak pernah melihat wajahmu tetapi cintaku padamu melebihi segala yang aku tahu tentang dirimu. Segala tentangmu adalah inspirasi sekaligus surga bagiku. Bahkan dengan jujur aku katakan bahwa hidupku tidak akan pernah berarti tanpa hadirmu.

Kenapa aku katakan bahwa engkau adalah inspirasiku? Karena setiap dimensi kehidupanku ada namamu yang selalu tersirat dalam pikiran, lisan, bahkan perbuatanku. Namamu kekal dan abadi bersama cinta, jiwa dan kerinduan ini. Engkau adalah cahaya sekaligus surga dalam kehidupanku menerangi setiap lorong-lorong yang gelap. Membuka tabir kehidupan hingga cinta yang tak akan pernah terpisahkan.

Itulah yang membuatku rindu, ingin bertemu dan menatap wajah indahmu. Wajah yang selalu dirindukan oleh seluruh makhluk bahkan surga selalu selalu menyebut namamu. Aku ingin berkata kepadamu, jika suatu saat nanti kerinduan ini telah menjadi milikmu tolong jangan lepaskan sedikitpun. Karena tanpamu hidupku tidak akan pernah berarti.

Bukti Sebenarnya CINTA.

Dalam hadits riwayat Bukhari dari Abu Hurairah RA. “Salam atas kalian wahai penghuni (kuburan) tempat orang-orang beriman. Aku insya Allah akan menyusul kalian. Aku ingin sekali berjumpa saudara-saudaraku.’ Mereka (para sahabat) berkata, ‘Wahai Rasulullah, bukankah kami saudaramu?

Beliau bersabda, ‘‘Kalau kalian adalah para sahabatku. Saudara-saudaraku adalah mereka (orang-orang beriman) yang belum ada sekarang ini dan aku akan mendahului mereka di telaga’’. (Bukti kerinduan yang tak bisa digambarkan membuat hati tersayat karena kerinduan yang terlalu dalam) Allahu Akbar..

Mereka berkata, ‘Wahai ya Rasulullah, bagaimana engkau mengenali orang-orang (beriman) yang datang setelah engkau dari kalangan umatmu?’ Beliau bersabda, ‘Bukankah jika seseorang punya kuda yang sebagian kecil bulunya putih akan mengenali kudanya di tengah kuda-kuda yang hitam legam?’ Mereka menjawab, ‘Ya’ Beliau berkata, ‘Sesungguhnya mereka akan datang pada hari kiamat dengan cahaya putih karena wudhu. Dan aku akan menunggu mereka di telaga.” (Jagalah wudhumu karena wudhulah yang akan menemukan kita dengan hakikat kerinduan itu).

Kerinduan Rasulullah terhadap kita, umatnya, secara tegas juga disampaikan oleh Imam al-Qusyairi dalam kitabnya Ar-Risalah. Dia mengutip riwayat dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW pernah bersabda.”Kapan aku akan bertemu para kekasihku?

Para sahabat bertanya, ”Bukankah kami adalah para kekasihmu?” Rasulullah menjawab,”Kalian memang sahabatku, para kekasihku adalah mereka yang tidak pernah melihatku, tetapi mereka beriman kepadaku. Dan kerinduanku kepada mereka lebih besar.” Akankah kita termasuk mereka yang dirindukan Rasulullah? Jika benar, teladani seluruh keteladan beliau karena dengan itu, CINTA kita dibuktikan, Karena cinta bukan hanya sekedar kata-kata tetapi butuh PEMBUKTIAN).

Keistimewaan Rasulullah Muhammad SAW.

Beberapa tahun pasca Rasulullah SAW wafat, Abdullah bin az-Zubair (Ibnu az-Zubair), ke ponakan Aisyah RA, pernah bertanya kepada bibinya itu. “Wahai Bibi, beri tahu aku tentang hal paling istimewa yang engkau dapati dalam diri Nabi Muhammad?

Ketika ditanya tentang itu, Aisyah diam, tidak langsung menjawab. Air matanya mulai mengalir. Dia pun menangis, terseduh, begitu menyayat hati, hingga Abdullah bin Az-Zubair berpikir mungkin dia bertanya pada momen yang tidak tepat. Ia pun berkata, “Bibi, kalau engkau tidak bisa menjawab sekarang tidak apa-apa.”

Di sela-sela tangisnya, Aisyah kemudian berkata, “Aduhai betapa rindunya hati ini dengan beliau. Aku begitu rindu dengan beliau.” Selanjutnya ia berkata, “Wahai keponakanku, engkau bertanya kepadaku tentang hal paling istimewa yang aku dapati dalam diri beliau, aku tak tahu bagaimana menjawabnya karena seluruhnya yang ada dalam diri beliau adalah istimewa.”

Dalam kisah lain di jelaskan, Aisyah juga pernah ditanya seseorang mengenai akhlak suaminya, lalu ia menjawab, “Akhlak beliau adalah Alquran.” Orang itu bertanya lagi, “Apa maksudnya?

Aisyah menjawab, “Ketika Al-Qur’an bercerita tentang orang-orang yang sabar. Ketahuilah, beliau adalah orang paling sabar di dunia. Ketika Al-quran bercerita tentang orang-orang yang shalat khusyuk, maka beliau adalah orang yang paling khusyuk shalatnya. Ketika Alquran memerintahkan tentang sedekah, ikhlas, memaafkan siapa saja yang ber salah, maka beliau adalah orang yang paling dermawan, ikhlas, dan pemaaf. Andai kata ada orang yang tidak membaca Alquran sekalipun, melihat beliau saja dia bisa memba yang kan isi Alquran itu seperti apa.”

Nabi SAW memang telah wafat, tetapi kerinduan akan beliau tidak pernah lenyap dalam diri orang-orang terdekatnya, terutama istrinya, Aisyah. Kerinduan yang membangkitkan lagi gairah untuk mengikuti dan meneladani akhlak beliau dalam kehidupan.

Semua yang dilakukan Nabi adalah istimewa karena beliau adalah pengejawantah Alquran dan selalu berada dalam bimbingan Allah. Karena itu, Allah mengatakan bahwa orang yang menga ku mencintai Nabi perlu membuktikannya dengan mengikuti beliau, “Katakanlah (Muhammad), ‘Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah men cintaimu dan mengampuni dosa-dosa mu.’ Allah Maha Pengam pun, Maha Penyayang.” (QS. Ali Imran 3 : 31).

Orang yang benar-benar merindukan Nabi adalah orang yang tidak hanya mengingat atau menyebut namanya, tetapi yang lebih penting juga adalah meneladani akhlak luhur dan mengikuti ajaran Rasulullah secara kafah. Seseorang belum dikatakan merindukan Nabi SAW jika perilakunya justru berlawanan dengan akhlak luhur beliau. Karena itu cintailah segala tentangnya, keturunannya, dan segala keteladananannya sebab jika engkau telah mencintainya, maka pasti egkau akan merindukannya, dan jika engkau telah merindukannya maka sesungguhnya surga adalah tempat terbaik untuk bertemu dengannya(*). Wallahu a’lam..

(Redaksi TR NTB)

Slide ADS

iklan NTB
iklan NTB
iklan NTB
iklan NTB
iklan NTB iklan NTB iklan NTB iklan NTB

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!