Dinsos Loteng Berikan Penjelasan Kriteria dan Proses Penentuan Penerima BLT DBHCHT

0 12

 

Lombok Tengah – Dinas Sosial (Dinsos) kabupaten Lombok Tengah diberi amanat membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) kepada masyarakat Lombok Tengah yang terkait dengan pajak (cukai) Tembakau.

Seperti yang dijelaskan PLT Dinsos Lalu Wiraningsun bahwa dalam penyaluran BLT DBHCHT tersebut mempunyai kriteria sesuai perbup dan melalui proses verifikasi oleh instansi teknis terkait bersama Dinsos selaku lokomotifnya.

“Data awal yang kita terima Buruh dan Petani Tembakau sekitar 12000 itu diverifikasi tim teknis dari Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Bagian Ekonomi Sekda Lombok Tengah, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).” Ungkap L Wiraningsun di ruang kerjanya, jumat (25/11/2022).

Adapun kriteria yang boleh dapat BLT DBHCHT sesuai Perbup adalah Tidak menerima Bantuan Sosial apapun di tahun 2022, Buruh Pabrik Tembakau, Buruh Pabrik Tembakau terkena PHK, Petani sekaligus Pengusaha tembakau.

“Pada dasarnya yang berhak dengan DBHCHT ini kan yang masuk cukai (pajaknya), utamanya pengusaha tembakau yang terdaftar, jadi bukan petani sebenarnya,” terang PLT Kadis tersebut.

Maka dari kajian beberapa pihak tadi lanjut Lalu Wiraningsun maka didapati jumlah penerima yang sesuai adalah 5376 penerima tersebar di 10 kecamatan yang mencakup 60 Desa dengan jumlah Rp 300.000 perbulan selama 6 bulan dari bulan Juli-Desember maka total yang diterima adalah 1.800.000 untuk masing-masing penerima yang disalurkan melalui Bank NTB Syariah.

“Kalaupun ada yang merasa berhak tapi belum menerima maka itu menjadi evaluasi kami ditahun 2023 agar mendata dan memverifikasi lebih teliti lagi.” Katanya. (Red)

Slide ADS

iklan NTB
iklan NTB
iklan NTB
iklan NTB
iklan NTB iklan NTB iklan NTB iklan NTB

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!